Cara budidaya ikan; ikan koi, lele sangkuriang, ikan hias, mujair, gurame, guppy, lele, patin, nila

Cara Amonisasi Jerami Untuk Pakan Ternak

Ditulis oleh: Panduan Budidaya -
Cara Amonisasi Jerami Untuk Pakan Ternak - Kegiatan yang satu ini bisa sangat menjanjikan terutama saat panen raya dimana ketersediaan jerami padi sangat berlimpah. Untuk anda yang mempunyai hewan ternak anda bisa mencoba mempelajari metode amonisasi jerami ini untuk meningkatkan ketersediaan pakan.

Disini kita akan membahas secara ringkas mengenai teknik amonisasi agar lebih mudah dipahami. Tujuan dari amonisasi jerami ini adalah membuat jerami padi untuk pakan ternak agar mudah dicerna lebih baik. Hal ini tentu diperlukan jika kita menggunakan jerami kering sebagai alternatif pakan yang cukup berlimpah. 

Sebenarnya metode amonisasi jermai untuk pakan ini sudah banyak diterapkan baik oleh banyak orang bahkan oleh peternak kecil sekalipun. Meski begitu masih banyak juga para petani pemilik ternak yang belum bisa membuat amonisasi jerami ini sehingga mereka tidak dapat ikut memanfaatkan ketersediaan jerami yang melimpah pada musim panen padi. 

Lalu bagaimanakah prosesnya, sulitkah? Anda bisa mendapatkan penjelasan rinci mengenai hal tersebut dengan membaca panduan membuat amoniasi yang akan dijelaskan langkah demi langkah. Berikut adalah Cara Pembuatan Amonisasi Jerami untuk Pakan Ternak tersebut.

Alat dan Bahan Amonisasi Jerami 

Kita mulai dengan menyiapkan alat-alat yang akan digunakan serta bahan-bahannya sekalian. Setelah itu baru kita menuju proses pembuatan. Silahkan siapkan semuanya seperti pada daftar berikut.

Bahan
1) Jerami padi 
2) Urea 
3) Molases

Alat
1) Timbangan 
2) Plastik 
3) Ember 
4) Skop 
5) Cangkul 
6) Sendok 
7) Alat penyiram

Cara Pembuatan Amonisasi Jerami Untuk Pakan Ternak

Anda ingin mencoba memaksimalkan penggunaan jerami untuk pakan ternak bukan? Jika begitu, setelah anda menyiapkan semua bahan dan alat di atas anda bisa langsung belajar membuat amonisasi jemari tersebut dengan langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Perlakuan amonisi jerami padi : - 4 kg urea - 100 kg bahan kering jerami padi
  2. Cara perlakuan : - Urea (4 kg) dicampur dengan air 100 liter - Kemudian jerami padi disiram air larutan urea hingga merata lapis perlapis - Kemudian tutup dengan plastik, hingga kedap udara - Diamkan selama 1-2 minggu utk proses amonisi
  3. Proses amonisi dapat dilakukan di dlm tempat khusus misalnya drum bekas atau di tempat lainnya, yg ditutup dengan plastik kedap udara.
  4. Proses amonisi bila sempurna ditandai tekstur jerami relatif lebih mudah putus, berwarna kuning tua atau coklat & bau monia. utk mengurangi bau amonia, jerami harus dianginkan selama 1-2 jam sebelum diberikan pada ternak.
1) Perlakuan amonisi jerami padi : 
- 4 kg urea
- 100 kg bahan kering jerami padi 

2) Cara perlakuan : 
- Urea (4 kg) dicampur dengan air 100 liter 
- Kemudian jerami padi disiram air larutan urea hingga merata lapis perlapis
- Kemudian tutup dengan plastik, hingga kedap udara 
- Diamkan selama 1-2 minggu untuk proses amonisi 

3) Proses amonisi dapat dilakukan di dalam tempat khusus misalnya drum bekas atau di tempat lainnya, yang ditutup dengan plastik kedap udara. 

4) Proses amonisi bila sempurna ditandai tekstur jerami relatif lebih mudah putus, berwarna kuning tua atau coklat & bau monia. utk mengurangi bau amonia, jerami harus dianginkan selama 1-2 jam sebelum diberikan pada ternak.

Cara Amonisasi Jerami Untuk Pakan Ternak

Dengan sedikit penjelasan mengenai Cara Amonisasi Jerami Untuk Pakan Ternak tersebut anda bisa belajar menerapkannya untuk menambah ketersediaan pakan bagi ternak anda. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai amonisasi jerami ini anda bisa membaca artikel tentang kandungan gizi jerami amonisasi untuk hewan dan juga beberapa artikel lain di bagian bawah.