Cara budidaya ikan; ikan koi, lele sangkuriang, ikan hias, mujair, gurame, guppy, lele, patin, nila

Apa Saja Manfaat Bekicot Untuk Pengobatan

Ditulis oleh: Panduan Budidaya -
Manfaat Bekicot Untuk Pengobatan - Rekan budidaya semua pasti tahu dengan saudaranya keong yang satu ini. Ya, bekicot merupakan salah satu hewan yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh kita. Ingin tahu berbagai Manfaat Bekicot Untuk Pengobatan, simak penjelasan rincinya berikut!

Bekicot merupakan salah satu hewan dengan kelimpahan spesies yang cukup besar. Hewan ini merupakan salah satu siput darat yang memiliki cangkang. Di Indonesia dikenal dua macam jenis bekicot yaitu Achatina fulica dan Achatina variegata. Menurut Mead (1961) dan Purchon (1968), A.fulica yang semula berasal dari Afrika Timur telah masuk di Indonesia lewat Kalimantan sejak tahun 1939. Sedangkan untuk jenis A. variegata masuk ke Indonesia bersama-sama dengan masuknya tentara Jepang (Amiruddin Aidin Beng, dkk., 1982).

Cara membedakan dua macam bekicot tersebut yakni pada A.fulica memiliki cangkang berwarna cokelat dengan garis-garis tidak jelas dan bentuk cangkangnya lebih langsing. Pada A.variegata memiliki cangkang dengan warna lebih cerah (lebih muda) dengan garis cokelat kemerahan lebih jelas dan bentuk cangkangnya lebih gemuk. Dalam hal penyebaran, A.fulica lebih luas daripada A.variegata.

Bekicot adalah hewan yang menjijikkan, namun memiliki banyak manfaat khususnya untuk pengobatan. Berikut adalah manfaat bekicot terutama untuk kesehatan selengkapnya.

Selain pakan ternak bekicot merupakan sumber protein hewani yang bermutu tinggi karena mengandung asam-asam amino esensial yang lengkap. Masyarakat yang menggemari makanan dari bahan baku bekicot (sate bekicot, keripik bekicot ) adalah masyarakat Kediri. 

Disamping itu bekicot juga kerap dipakai dalam pengobatan tradisional, karena ekstrak daging bekicot & lendirnya sangat bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti abortus, sakit waktu menstruasi, radang selaput mata, sakit gigi, gatal-gatal, jantung & lain-lain. Sedangkan kulit bekicot sangat mujarab untuk penyakit tumor. 

Sejenis obat yang dikenal berasal dari kulit bekicot, dinamakan Maulie yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit seperti kekejangan, jantung suka berdebar, tidak bisa tidur / insomania, leher membengkak & penyakit kaum wanita termasuk keputihan.

Apa Saja Manfaat Bekicot Untuk Pengobatan

Itulah sedikit mengenai Manfaat Bekicot Untuk Pengobatan, semoga dengan tahu apa saja yang bisa kita ambil dari hewan ini kita mendapatkan sedikit inspirasi untuk hewan budidaya yang bisa kita pilih. Terima kasih atas kunjungan anda, silahkan baca juga panduan budidaya lainnya di bagian bawah, Budidaya Bekicot (Beternak Bekicot), Budidaya Hewan, Budidaya Petani, Manfaat dan Obat.