Cara budidaya ikan; ikan koi, lele sangkuriang, ikan hias, mujair, gurame, guppy, lele, patin, nila

Manfaat Alpokat untuk Pengobatan Penyakit

Ditulis oleh: Panduan Budidaya -
Manfaat Alpokat untuk Pengobatan Penyakit - Buah alpukat (alpokat) merupakan salah satu jenis buah yang tenar untuk dijadikan jus buah. Tahukah anda tentang berbagai manfaat dan khasiat buah alpukat ini? Untuk anda semua rekan budidaya, kali ini akan kita bahas sedikit mengenai hal ini sebagai dasar langkah awal dalam pengembangan dan budidaya tanaman alpokat.



Alpokat memiliki Nama Lokal yang berbeda-beda yaitu Apuket, alpuket, jambu wolanda (Sunda), apokat, avokat,; plokat (Jawa). apokat, alpokat, avokat, advokat (Sumatera).

Untuk gambaran mengenai Manfaat Alpokat untuk Pengobatan Penyakit ini kita bisa melihat beberapa informasi penelitian yang sudah dilakukan. Dari data penelitian, daun mempunyai aktivitas antibakteri dan menghambat pertumbuhan Staphylococcus aureus strain A dan B. Staphylococcus albus, Pseudomonas sp., Proteus sp., Escherichea coli dan Bacillus subtilis (E.O. ognulans dan E. Ramstad 1975).



Daun memiliki rasa pahit, kelat. Peluruh kencing. Biji : Anti radang, menghilangkan sakit. KANDUNGAN KIMIA: Buah dan daun mengandung saponin, alkaloida dan flavonoida, Buah juga mengandung tanin dan daun mengandung polifenol, quersetin, gula alkohot persiit.

Dari sedikit ilustrasi di atas kita bisa memperoleh informasi yang lebih mengenai berbagai manfaat alpokat dalam bidang pengobatan. Agar lebih jelas akan kita bahas lebih rinci mengenai hal di atas.

Penyakit Yang Dapat Diobati

Kalau tadi sudah dikatakan bahwa alpokat memiliki manfaat bagi pengobatan lalu penyakit apasaja yang bisa diobati dengan tanaman ini. Berikut beberapa penyakit yang dapat diobati menggunakan tanaman alpokat selengkapnya antara lain yaitu:
1. Sariawan
2. Melembabkan kulit kuring
3. Kencing batu
4. Sakit kepala
5. Darah tinggi (Hipertensi)
6. Nyeri saraf (neuralgia)
7. Nyeri lambung
8. Saluran napas membengkak (bronchial swellings)
9. Sakit gigi
10. Kencing manis (diabetes melitus)
11. Menstruasi tidak teratur

Kalau sudah tahu gambaran mengenai penyakit yang dapat diobati dengan alpokat lalu bagian manakah yang bisa digunakan sebagai obat. Untuk bagian tanaman yang dipakai yaitu daging buah, daun, biji. Rincian bagian tersebut sebagai berikut:

Daging buah
- Sariawan. 
- Melembabkan kulit kering. 

Daun
- Kencing batu. 
- Darah tinggi, sakit kepala. 
- Nyeri syaraf. 
- Nyeri lambung. 
- Saluran napas membengkak (bronchial swellings).
- Menstruasi tidak teratur. 

Biji
- Sakit gigi. 
- Kencing manis. 

Contoh Pemakaian Alpokat untuk Obat

Sekarang setelah mengetahui tentang penyakit dan bagian kita akan membahas mengenai Manfaat Alpokat untuk Pengobatan Penyakit dari sisi aplikasinya. Kita mulai dari aturan pemakaian yaitu seperti dijelaskan di bawah ini.

Aturan Pemakaian
  • Untuk minum: 3-6 lembar daun. 
  • Pemakaian Luar: Daging buah secukupnya dilumatkan, dipakai untuk masker. Daun untuk pemakaian setempat, biji digiling halus menjadi serbuk untuk menghilangkan sakit.
Sekarang masalahnya adalah kalau kita sedang sakit gigi dan ingin mengobati sakit gigi dengan alpokat bagaimana caranya? Yapz. berikut silahkan baca beberapa contoh pemakaian tanaman alpukat untuk obat yang dijelaskan di bawah ini.

Contoh Pemakaian
  1. Sariawan: Sebuah isi alpokat yang sudah masak diberi 2 sendok makan madu murni, diaduk merata lalu dimakan. Lakukan setiap hari sampai sembuh. 
  2. Kencing batu: 4 lembar daun alpokat, 3 buah rimpang teki, 5 tangkai daun randu, setengah biji pinang, 1 buah pala, 3 jari gula enau, dicuci lalu direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 1/4 gelas. Setelah dingin disaring lalu diminum. Sehari 3 x 3/4 gelas. 
  3. Darah tinggi: 3 lembar daun alpokat dicuci bersih lalu diseduh dengan 1 gelas air panas. Setelah dingin diminum sekaligus.
  4. Kulit muka kering: Buah diambil isinya lalu dilumatkan sampai seperti bubur. Dipakai untuk masker, dengan cara memoles muka yang kering. Muka dibasuh dengan air setelah lapisan masker alpokat tersebut mengering. 
  5. Sakit gigi berlubang: Lubang pada gigi dimasukkan bubuk biji alpokat. 
  6. Bengkak karena Peradangan: Bubuk dari biji secukupnya ditambah sedikit air sampai menjadi adonan seperti bubur, balurkan kebagian tubuh yang sakit. 
  7. Kencing manis: Biji dipanggang di atas api lalu dipotong kecil-kecil dengan golok, kemudian digodok dengan air bersih sampai airnya menjadi coklat. Saring, minum setelah dingin. 
  8. Teh dan alpokat baik untuk menghilangkan rasa sakit kepala, nyeri lambung, bengkak pada saluran napas, rasa nyeri syaraf (Neuralgia) dan datang haid tidak teratur. 
Khasiat Manfaat Alpokat untuk Pengobatan

Dengan membahas mengenai Manfaat Alpokat untuk Pengobatan Penyakit diharapkan kita semua dapat memaksimalkan pemanfaatan alpukat untuk obat. Untuk rekan budidaya semua, dengan tahu seberapa penting khasiat dan manfaat alpokat mungkin kita bisa mempertimbangkan untuk melakukan budidaya tanaman alpokat ini. Tentunya setelah kita mempelajari lebih jauh mengenai potensi bisnis budidaya alpukat. 

Pembahasan mengenai budidaya tanaman alpukat ini akan dibahas secara terpisah, silahkan cek di bagian bawah. Semoga apa yang disampaikan dalam artikel Manfaat Alpokat untuk Pengobatan Penyakit ini bisa menjadi sumber inspirasi kita semua. Terima kasih, salam budidaya sukses, Budidaya Petani, Budidaya Tanaman, Manfaat dan Obat!