Cara budidaya ikan; ikan koi, lele sangkuriang, ikan hias, mujair, gurame, guppy, lele, patin, nila

Selain Sehat Apel Juga Bermanfaat untuk Obat

Ditulis oleh: Panduan Budidaya -
Selain Sehat Apel Juga Bermanfaat untuk Obat - Kalau ditanya apakah buah apel bermanfaat bagi tubuh sudah jelas kita akan dengan mudah menjawabnya. Hal yang demikian itu tidak mengherankan karena kita semua tahu bahwa apel bagus untuk kesehatan kita. Meski diketahui banyak mengandung zat bermanfaat namun apakah apel bisa digunakan atau dimanfaatkan sebagai obat? Nah berikut akan kita ulas sedikit mengenai pemanfaatan apel untuk obat.

Buah apel merupakan jenis buah yang dihasilkan dari pohon buah apel yang biasanya berwarna merah kulitnya jika masak, namun bisa juga kulitnya berwarna hijau atau kuning. Kulit buahnya agak lembek, daging buahnya keras. Buah ini memiliki beberapa biji di dalamnya. Apel dapat hidup subur di daerah yang mempunyai temperatur udara dingin. 

Tumbuhan ini di Eropa dibudidayakan terutama di daerah subtropis bagian Utara. Sedang apel lokal di Indonesia yang terkenal berasal dari daerah Malang, Jawa Timur. Atau juga berasal dari daerah Gunung Pangrango, Jawa Barat. Di Indonesia, apel dapat tumbuh dan berkembang dengan baik apabila dibudidayakan pada daerah yang mempunyai ketinggian sekitar 1200 meter di atas permukaan laut. Tumbuhan apel dikatagorikan sebagai salah satu anggota keluarga mawar-mawaran dan mempunyai tinggi batang pohon dapat mencapai 7-10 meter. 

Daun apel sangat mirip dengan daun tumbuhan bunga mawar. Berbentuk bulat telur dan dihiasi gerigi-gerigi kecil pada tepiannya. Pada usia produktif, apel biasanya akan berbunga pada sekitar bulan Juli. Buah apel yang berukuran macam-macam tersebut sebenarnya merupakan bunga yang membesar atau mengembang sehingga menjadi buah yang padat dan berisi. Nama Lokal : Apel (Indonesia, Malang), Apple (Inggris), Appel (Perancis)

Lalu apakah selain sehat apel juga bisa dimanfaatkan untuk obat penyakit? Ya, jawabannya adalah bisa. Sebelum kita membahas mengenai penyakit yang dapat diobati dengan buah apel kita akan lihat dulu kandungan apa saja yang ada dalam buah apel tersebut. 

Seperti kita ketahui bersama, apel memang memiliki komposisi  zat yang banyak bermanfaat bagi tubuh manusia. Buah apel (Pyrus malus) ini selain mempunyai kandungan senyawa pektin juga mengandung zat gizi, antara lain (per 100 gram) sebagai berikut: 
- Kalori 58 kalori 
- Hidrat arang 14,9 gram 
- Lemak 0,4 gram 
- Protein 0,3 gram 
- Kalsium 6 mg 
- Fosfor 10 mg 
- Besi 0,3 mg 
- Vitamin A 90 SI 
- Vitamin B1 0,04 mg 
- Vitamin C 5 mg 
- dan Air 84 %.

Dari kandungan buah apel tersebut tentu dapat kita ketahui bahwa apel bisa dimanfaatkan untuk pengobatan penyakit. Untuk jenis penyakit yang bisa diobati dengan apel adalah:
  1. Kencing manis (diabetes mellitus)
  2. Diare
Diketahui buah apel bisa digunakan untuk meringankan atau mengobati dua jenis gangguan tubuh tersebut. Untuk pemanfaatannya yaitu sebagai berikut:
  • Diabetes Mellitus : Bahan: 1 biji buah apel berukuran sedang. Cara membuat : dibelah menjadi 4 bagian dan direbus dengan air 3-4 gelas sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas. Cara menggunakan : diminum pagi-sore, dan dilakukan secara rutin.
  • Diare : Bahan: buah apel yang belum begitu masak. Cara menggunakan: dimakan biasa.
Paling tidak itulah manfaat apel untuk obat yang bisa kita coba. Mudah-mudahan dengan mengetahui bahwa buah apel bisa untuk obat kita dapat lebih menyukai buah sehat tersebut. Jadi sekarang kita tahu bahwa Selain Sehat Apel Juga Bermanfaat untuk Obat beberapa penyakit yang menyerang tubuh kita. 

Selain Sehat Apel Juga Bermanfaat untuk Obat

Semoga rekan budidaya pertanian yang ingin mengkaji nilai peluang budidaya apel ini bisa menjadikan artikel manfaat buah apel di atas sebagai bahan kajian awal. Lain waktu akan kita bahas secara terpisah mengenai cara budidaya tanaman apel yang sukses. Itu saja, sampai bertemu di panduan budidaya berikutnya,Budidaya Petani, Budidaya Tanaman, Manfaat dan Obat!