Cara budidaya ikan; ikan koi, lele sangkuriang, ikan hias, mujair, gurame, guppy, lele, patin, nila

Lima Manfaat Lidah Buaya Bagi Pengobatan

Ditulis oleh: Panduan Budidaya -
Lima Manfaat Lidah Buaya Bagi Pengobatan - Baru-baru ini tanaman lidah buaya menjadi trend tersendiri yang dikenal dengan berbagai pengolahan yang bermanfaat. Tanaman lidah buaya dapat diolah untuk berbagai bahan makanan selain itu tanaman ini juga dikenal banyak bermanfaat untuk kesehatan. Untuk kesehatan tubuh setidaknya ada Lima Manfaat Lidah Buaya yang bisa kita ambil, apasajakah manfaat tersebut?

Konon kandungan zat tanaman lidah buaya memang banyak yang bermanfaat bagi tubuh kita. Dengan alasan tesebutlah sekarang ini sudah lebih terkenal dan banyak dimanfaatkan. Sebenarnya apa saja Lima Manfaat Lidah Buaya Bagi Pengobatan tubuh kita? Berikut beberapa khasiat lidah buaya untuk kesehatan beserta cara pengolahannya untuk mengatasi masalah kesehatan.

1. Meredakan radang tenggorokan
Radang tenggorokan atau pharyngitis bisa disebabkan oleh infeksi virus atau kuman, disertai daya tahan tubuh yang lemah. Akibatnya mereka yang terkena radang tenggorokan merasakan sakit saat menelan makanan. Solusinya, olah tanaman lidah buaya sebagai pereda. Caranya, lidah ambil selembar daun lidah buaya yang sudah dicuci bersih dan dikupas. Haluskan potongan lidah buaya dengan blender dan tambahkan satu sendok makan madu murni, minum tiga kali sehari.

2. Mengobati ambeien
Ambeien atau wasir adalah gangguan kesehatan ringan karena pelebaran pada pembuluh balik atau pembengkakan submukosa bagian rektum dan anus. Ambeien dapat diredakan dengan olahan lidah buaya. Caranya parut setengah batang daun lidah buaya yang sudah dicuci bersih dan dihilangkan durinya. Tambahkan setengah gelas air panas lalu diperas. Tambahkan dua sendok makan madu pada sari lidah buaya dan minum tiga kali sehari dalam keadaan hangat.

3. Melancarkan buang air besar
Olahan lidah buaya disarankan untuk memperlancar detoksifikasi, membantu kinerja pencernaan dan gerakan usus, serta menjaga berat badan. Khasiat ini didapat dari kandungan aloemoedin dan aloebarbadiod dalam lidah buaya. Caranya ambil potongan lidah buaya dan didihkan di atas api kecil selama sekitar 40-45 menit. Biarkan campuran mendingin kemudian saring untuk menghilangkan endapan dan kotoran. Setelah disaring, minum langsung untuk mendapatkan manfaat optimal.

Dianjurkan untuk mengkonsumsi lidah buaya setidaknya selama 5 hari berturut-turut, kemudian beristirahat selama 2 hari. Cara ini baik untuk mengatasi sembelit kronis dan mengembalikan keseimbangan bakteri baik dalam usus besar.

Selain manfaat tersebut masih ada 2 manfaat lagi dari Lima Manfaat Lidah Buaya Bagi Pengobatan yang bisa di dapat. Apalagi manfaatnya?

4. Menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes mellitus
Lidah buaya yang rasanya pahit dan bersifat dingin merangsang produksi insulin oleh pankreas tanpa meningkatkan berat badan. Karenanya, Aloe vera disarankan bagi penderita diabetes tipe 2. Caranya, bersihkan dua batang lidah buaya, buang duri dan kulitnya, lalu cuci lendirnya. Potong-potong lalu rebus dengan tiga gelas air sampai tersisa satu setengah gelas air. Biarkan dingin lalu saring. Konsumsi 3 kali sehari sesudah makan, masing-masing setengah gelas.

5. Menyuburkan rambut
Rambut tebal sehat berkilau, jamak menjadi idaman wanita. Mengolesi rambut dengan getah lidah buaya, adalah rahasia yang turun-temurun digunakan wanita Indonesia. Caranya, ambil 2 pelepah lidah buaya lalu cuci dan kupas. Gosokkan daging buah pada kulit kepala yang telah dikeramas pada sore hari. Bungkus dengan kain. Keesokan harinya rambut dibilas. Lakukan setiap hari selama 3 bulan.

Manfaat Lidah Buaya Bagi Pengobatan

Tidak heran bukan kalau sekarang banyak kuliner yang menjadikan lidah buaya sebagai bahan olahan? Sekarang kita tahu bahwa tanaman lidah buaya dari sisi ini memang strategis untuk dikembangkan dalam budidaya pertanian. Mudah-mudahan dengan mengetahui Lima Manfaat Lidah Buaya Bagi Pengobatan tersebut kita bisa terinspirasi untuk menganalisa peluang budidaya tanaman lidah buaya tersebut. Sampai disini saja, lain waktu akan kita bahas mengenai cara sukses budidaya tanaman lidah buaya, tentunya pada artikel selanjutnya.