Cara budidaya ikan; ikan koi, lele sangkuriang, ikan hias, mujair, gurame, guppy, lele, patin, nila

Khasiat Angsana (Sonokembang) Untuk Obat

Ditulis oleh: Panduan Budidaya -
Khasiat Angsana Untuk Obat - Panduan budidaya selanjutnya yang akan kita bahas disini adalah masih mengenai manfaat dan obat tanaman budidaya yaitu angsana atau dikenal juga dengan sonokembang. Sebelum kita lebih jauh membahas mengenai tanaman ini kita akan coba pelajari dahulu tentang berbagai manfaat angsana untuk pengobatan agar kita bisa lebih bersemangat dalam membudidayakannya.

Angsana atau sonokembang (Pterocarpus indicus) adalah sejenis pohon penghasil kayu berkualitas tinggi dari suku Fabaceae (=Leguminosae, polong-polongan). Kayunya keras, kemerah-merahan, dan cukup berat, yang dalam perdagangan dikelompokkan sebagai narra atau rosewood.

Di pelbagai daerah, angsana dikenal dengan nama-nama yang mirip: asan (Aceh); sena, sona, hasona (Batak); asana, sana, langsano, lansano (Min.); angsana, babaksana (Btw.); sana kembang (Jw., Md.). Namun juga, nara (Bima, Seram), nar, na, ai na (Tim.), nala (Seram, Haruku), lana (Buru), lala, lalan (Amb.), ligua (Ternate, Tidore, Halm.), linggua (Maluku) dan lain-lain.

Sebutan di negara-negara yang lain, di antaranya: apalit (Filipina), pradu (Thailand), chan dĂȘng (Laos), padauk, sena, ansanah (Burma), Malay padauk, red sandalwood, amboyna (bahasa Inggris), serta santal rouge, amboine (bahasa Perancis). (Sumber: Wikipedia)

Tanaman ini dapat kita manfaatkan, selain batangnya yang bagus sebagai bahan kayu bangunan, Khasiat Angsana Untuk Obat juga dapat dilihat dari beberapa uraian berikut. Pertama, tanaman ini berkhasiat sebagai Adstringen dan diuretik.

Penelitian Hayati, 1990. Jurusan Farmasi, FMIPA USU. Telah melakukan penelitian pengaruh infus daun Angsana terhadap penurunan kadar gula darah kelinci dibandingkan dengan tolbutamid. Dari hasil penelitian tersebut, ternyata infus daun Angsana 5 ml, 10% dan 20°Io secara oral menurunkan kadar gula darah kelinci.

Pengaruh infus 10% tidak ada beda dengan 50 mg/kg bb tolbutamid, sedangkan penurunan oleh infus 20% lebih besar daripada pengaruh oleh tolbutalmid. Untuk kegunaan atau pemanfaatan Angsana Untuk Obat selengkapnya dapat dilihat pada penjelasan berikut!

Kegunaan Tanaman Angsana

Kulit kayu: 
1. Batu ginjal.
2. Sariawan mulut (obat kumur).

Daun muda:
1. Kencing manis. 
2. Bisul (obat luar). 

Getah (Kino):
1. Luka (obat luar).
2. Sariawan mulut (obat luar). 

Ramuan dan Takaran Pemanfaatan Angsana untuk Pengobatan
Beberapa aplikasi atau penerapan dalam pemanfaatan tanaman ini khususnya untuk pengobatan penyakit, berikut disertakan beberapa contoh penggunaannya untuk beberapa penyakit.

1. Batu Ginjal
Ramuan:
Kulit kayu Angsana 3 gram
Daun Keji beling 2 gram
Daun Kumis kucing 4 gram
Air 115 ml

Cara pembuatan: Dibuat infus atau diseduh. 
Cara pemakaian: Diminum 1 kali sehari 100 ml. Bila batu telah keluar, baik berupa kristal maupun air kencing yang keruh atau air kencing yang berbuih maka pemberian jamu dihentikan. Kemudian dilanjutkan minum teh daun Kumis kucing 6% dalam air. 6 gram daun Kumis kucing diseduh dengan air mendidih sebanyak 100 ml. Diminum seperti kebiasaan minum teh.

2. Sariawan Mulut 

Ramuan:
Kulit kayu Angsana 4 gram
Daun Saga segar 4 gram
Daun Sirih segar 3 helai
Air 115 ml

Cara pembuatan: Dibuat infus atau diseduh.
Bila diperlukan tambahkan 10 gram gips pada beningan, didiamkan beberapa saat, lalu disaring dan diambil bagian beningnya. (Gips dapat dibeli di apotik atau toko kimia).

Cara pemakaian: Untuk kumur, tiap 3 jam sekali, tiap kali pakai 50 ml, bila perlu dapat diencerkan dengan air. 

3. Bisul
Bisul dicuci dengan air bersih atau alkohol 70%. Kemudian daun Angsana diremas dan ditempelkan pada bisul tersebut. Diperbaharui tiap 3 jam sekali.

Khasiat Angsana (Sonokembang) Untuk Obat

Itulah, sedikit pengantar budidaya tanaman kali ini yang membahas mengenai Khasiat Angsana Untuk Obat, mudah-mudahan bisa menjadi tambahan ilmu dan referensi untuk kita semua. Silahkan dilanjutkan ke beberapa manfaat tanaman lainnya yang bagus untuk dibudidayakan di bawah ini.