Cara budidaya ikan; ikan koi, lele sangkuriang, ikan hias, mujair, gurame, guppy, lele, patin, nila

Lokasi Yang Bagus untuk Budidaya Ikan Mujair

Ditulis oleh: Panduan Budidaya -
Lokasi untuk Budidaya Ikan Mujair - Lokasi atau kolam merupakan salah satu aspek penting yang harus diperhatikan saat kita melakukan budidaya. Lokasi yang baik atau bagus menjadi syarat mutlak kesuksesan kita selain bibit dan juga perawatan. Untuk anda yang sedang memulai melakukan budidaya ikan mujair berikut akan kita bahas mengenai persyaratan lokasi untuk budidaya mujair, selengkapnya di bawah ini.

Kolam merupakan hal penting yang harus diperhatikan jika kita membudidayakan ikan seperti mujair ini. Letak kolam ini harus memperhitungkan berbagai kebutuhan ikan agar bisa tumbuh dan berkembang secara normal. Seperti apakah lokasi kolam yang baik untuk budidaya ini? 

Secara garis besar kita bisa memilih atau menyiapkan kondisi kolam seperti alam asli ikan mujair ini. Tentunya kita harus mempertimbangkan tempat atau lokasi yang baik yang sesuai. Jika anda ingin memulai melakukan budidaya ikan jenis ini silahkan persiapkan Lokasi Yang Bagus untuk Budidaya Ikan Mujair, anda bisa mempersiapkannya dengan mengetahui beberapa persyaratan untuk lokasi kolam mujair yang baik seperti dijelaskan di bawah ini. 

Persyaratan Lokasi Ikan Mujair
  1. Tanah yang baik untuk kolam pemeliharaan adalah jenis tanah liat/lempung, tidak berporos. Jenis tanah tersebut dapat menahan massa air yang besar dan tidak bocor sehingga dapat dibuat pematang/dinding kolam. 
  2. Kemiringan tanah yang baik untuk pembuatan kolam berkisar antara 3-5% untuk memudahkan pengairan kolam secara gravitasi. 
  3. Ikan mujair dapat tumbuh normal, jika lokasi pemeliharaan berada pada ketinggian antara 150-1000 m dpl. 
  4. Kualitas air untuk pemeliharaan ikan mujair harus bersih, tidak terlalu keruh dan tidak tercemar bahan-bahan kimia beracun, dan minyak/limbah pabrik. 
  5. Ikan mujair dapat berkembang pesat di kolam, sawah, kakaban, dan sungai air deras. Kolam dengan sistem pengairannya yang mengalir sangat baik bagi pertumbuhan dan perkembangan fisik ikan mujair. Debit air untuk kolam air tenang 8-15 liter/detik/ha, sedangkan untuk pembesaran di kolam air deras debitnya 100 liter/menit/m 3 . 
  6. Keasaman air (pH) yang baik adalah antara 7-8. 
  7. Suhu air yang baik berkisar antara 20-25 derajat C. 
Lokasi Yang Bagus untuk Budidaya Ikan Mujair

Dengan memberikan perhatian khusus pada Lokasi Yang Bagus untuk Budidaya Ikan Mujair ini tentu kita dapat memaksimalkan keberhasilan budidaya yang sedang kita lakukan. Selain memperhatikan lokasi kolam tentu anda juga harus benar-benar teliti dalam hal pembibitan dan juga perawatan yang dilakukan.

Lain waktu akan diberikan lagi berbagai informasi penting tentang cara budidaya ikan mujair yang sukses agar anda juga bisa melakukannya. Terima kasih telah bersama kami di panduan budidaya kali ini, silahkan dilanjutkan, Budidaya Hewan, Budidaya Ikan Mujair, Budidaya Petani.