Cara budidaya ikan; ikan koi, lele sangkuriang, ikan hias, mujair, gurame, guppy, lele, patin, nila

Cara Memilih Domba yang Unggul dan Baik untuk Ternak

Ditulis oleh: Panduan Budidaya -
Cara Memilih Domba Unggul dan Baik - Sukses atau tidaknya kita dalam melakukan budidaya tergantung dari banyak faktor dan salah satunya adalah bagaimana kita menyiapkan bibit yang kita gunakan. Pada kesempatan ini, untuk anda yang sudah melakukan budidaya domba kita akan membahas bagaimana memilih bibit domba yang unggul baik itu yang jantan maupun betina. 

Domba yang unggul adalah domba yang sehat dan tidak terserang oleh hama penyakit, berasal dari bangsa domba yang persentase kelahiran serta kesuburan tinggi, serta kecepatan tumbuh dan persentase karkas yang baik. Dengan demikian keberhasilan usaha ternak domba tidak bisa dipisahkan dengan pemilihan induk/pejantan yang memiliki sifat-sifat yang baik.

Lalu bagaimana cara kita dalam menentukan bibit domba yang berkualitas, tentu saja kita harus mengetahui berbagai ciri - ciri yang dimiliki oleh bibit jantan dan bibit betina tersebut. Berikut Cara Memilih Domba Unggul dan Baik dengan melihat ciri-cirinya. 

Calon Induk Yang Unggul
berumur 1,5-2 tahun, 
tidak cacat, 
bentuk perut normal, 
telinga kecil hingga sedang, 
bulu halus, 
roman muka baik 
memiliki nafsu kawin besar 
ekor normal. 

Calon Pejantan Yang Unggul
berumur 1,5-2 tahun, 
sehat & tidak cacat, 
badan normal 
keturunan dari induk yang melahirkan anak 2 ekor/lebih, 
tonjolan tulang pada kaki besar 
mempunyai buah zakar yang sama besar serta kelamin nya dapat bereaksi, 
mempunyai gerakan yang lincah, 
roman muka baik 
tingkat pertumbuhan relatif cepat
Cara Memilih Domba yang Unggul dan Baik untuk Ternak

Nah itulah tadi yang bisa kita lakukan untuk membedakan ciri domba yang sesuai dengan kebutuhan budidaya yang kita lakukan. Semoga tips Cara Memilih Domba Unggul dan Baik tersebut bisa bermanfaat bagi anda semua, Beternak Domba, Budidaya Hewan, Budidaya Petani.