Cara budidaya ikan; ikan koi, lele sangkuriang, ikan hias, mujair, gurame, guppy, lele, patin, nila

Khasiat Tanaman Beluntas Untuk Pengobatan

Ditulis oleh: Panduan Budidaya -
Khasiat Tanaman Beluntas Untuk Pengobatan - Pasti tahu dong jenis tanaman yang satu ini? Ya, kali ini kita akan membahas berbagai kegunaan Beluntas Untuk Pengobatan. Mau tahu lebih lengkap, simak penjelasan rincinya berikut. Mudah-mudahan bermanfaat!

Beluntas merupakan tanaman semak atau setengah semak. tumbuh tegak tinggi sampai 2 m, kadang-kadang lebih. Percabangan banyak, berusuk halus dan berbulu lembut. Tumbuh liar di tanah tandus dan jelek, atau ditanam sebagai pagar. 

Terdapat sampai 1.000 m diatas permukaan laut. Daun bertangkai pendek, letak berseling, bentuk bundar telur sungsang, ujung bundar melancip, bergerigi warna hijau terang. Bunga keluar di ujung cabang dan di ketiak daun berbentuk bunga bonggol bergagang atau duduk, warna ungu. Buah longkah agak berbentuk gasing, warna coklat dengan sudut putih, lokos. 

Nama Lokal Beluntas 
Beluntas (Indonesia), Luntas (Jawa), Baluntas (Madura); Baluntas, Baruntas (Sunda), Lamutasa (Makasar); Beluntas (Sumatra), Lenaboui (Timor); Luan Yi (China).;

Pemanfaatan
Bagian yang dipakai: Seluruh tanaman, segar/dikeringkan.

Penyakit Yang Dapat Diobati
Bau badan, Nafsu makan, menurunkan panas, scabies, TBC;

Kegunaan
1. Menghilangkan bau badan.
2. Gangguan pencernaan pada anak-anak dan menambah nafsu makan.
3. Menurunkan panas, peluruh keringat.
4. Scabies.
5. TBC kelenjar leher (Cervical tuberculous lymphadenitis)
6. Nyeri pada rheumatik, sakit pinggang (Lumbago)
Pemakaian: 10 - 15 gr, direbus.

Cara Pemakaian
1. Gangguan pencemaan pada anak-anak: daun dicampurkan pada bubur saring/nasi tim.
2. TBC kelenjar leher:
- extra batang dan daun beluntas, extra gelatin dari kulit sapi, Laminaria japonica (rumput laut). Bahan-bahan ini ditim sampai lunak, Ialu dimakan.
- Laminaria japonica (rumput laut)

3. Nyeri rheumatik: 15 gr akar beluntas, direbus, minum.
4. Menghilangkan bau badan: sebagai lalap.
5. Peluruh keringat, menurunkan panas: Daun direbus, atau diseduh sebagai teh, minum.

Komposisi
Sifat Kimiawi dan Efek Farmakologis: Baunya khas (Sengir) dan rasanya getir. Daun: menambah nafsu makan (Stomakik), membantu pencernaan. 
Kandungan Kimia: Alkaloid, minyak atsiri.

Khasiat Tanaman Beluntas Untuk Pengobatan

Sekarang anda tahu kan bahwa tanaman ini banyak mengandung manfaat yang bisa kita gunakan. Semoga saja informasi seputar Khasiat Tanaman Beluntas Untuk Pengobatan ini bisa menambah pengetahuan serta bahan referensi untuk ide tanaman budidaya yang anda cari. Jangan lupa lihat juga beberapa tanaman lain yang bagus untuk kita pertimbangkan untuk budidaya di bagian bawah, Budidaya Petani, Manfaat dan Obat.